Home » Berita Umum » DPRD Bentuk 3 Pansus Bahas Ranperda Eksekutif

DPRD Bentuk 3 Pansus Bahas Ranperda Eksekutif

            Keinginan Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Ihwan Sudrajat agar pembahasan rancangan peraturan daerah tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi dilakukan secepatnya mendapat lampu hijau dari kalangan legislatif. DPRD Kabupaten Jepara langsung membentuk tiga panitia khusus (pansus) untuk membagi tugas pembahasan empat ranperda dari eksekutif yang disampaikan Kamis (5/1).
Keputusan disampaikan pimpinan rapat yang juga wakil ketua dewan, Imam Zusdi Ghozali. Pansus diberi waktu pembahasan hingga tanggal 29 Januari 2017.
Saat menyampaikan pengantarnya di depan rapat paripurna, Ihwan memang berharap cepatnya penetapan ranperda menjadi perda.
“Saya harap perda ini sudah ditetapkan sebelum saya selesai (akhir tugas sebagai Plt. Bupati Jepara –red) pada tanggal 11 Februari 2017,” kata Ihwan Sudrajat.
Selain ranperda tentang Retribusi Penyelenggaraan Telekomunikasi, Ranperda lain yang diajukan dalam rapat paripurna tersebut adalah perubahan atas Perda Kabupaten Jepara Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah. Selain itu terdapat usulan pencabutan dua perda, yang terdiri dari Perda Nomor 28 tahun 2010 tentang Irigasi dan Perda Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara.
Sebagaimana tahun lalu, Perda tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi adalah salah satu yang diajukan untuk dirubah. Namun tahun lalu belum ada kesepakatan penetapan perubahan dari Perda yang semula bernomor 27 tahun 2010.
“Makanya saya minta pembahasan perubahan ranperda ini diagendakan kembali. Saya berharap ini bisa secepatnya diputuskan,” kata Ihwan Sudrajat saat menyampaikan pengantarnya. (Sulismanto)