Home » Berita Umum » Pendidikan Keluarga Kartini Harus Terjamin

Pendidikan Keluarga Kartini Harus Terjamin

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Ihwan Sudrajat mengajak pemegang peran dan pimpinan dinas untuk membangun komitmen bersama dalam membantu biaya pendidikan bagi ahli waris Raden Ajeng Kartini. Hal itu dia sampaikan saat bertemu keluarga dan keturunan RA. Kartini, Minggu malam (5/2) di ruang peringgitan pendapa Kabupaten Jepara.

Ahli waris yang bertemu adalajh RA Trinilia Diah Kusumaningrum, RM Ferdiyansyah Heru Kusuma Pratama, RA Saniyah Prima Putri Citrani dan RM Hanif Satrio Rahmansyah, yang saat ini masih menempuh pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi.

“Malam ini, merupakan momentum yang bersejarah bagi saya. Karena bisa bertemu langsung dengan keluarga RA Kartini. Untuk itulah, saya ingin mengajak pemerintah untuk berkomitmen menjamin pendidikan darah daging RA Kartini” ungkap Ihwan.

Meskipun saat ini mereka tinggal di Bogor dan Bekasi, menurut Ihwan, menjadi kewajiban Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara untuk ikut membantu pendidikan dan kehidupan kelurga Kartini.

“Sudah sepantasnya bagi kita, untuk menjamin pendidikan dan memberikan kesejahteraan,” ujar Ihwan Sudrajat yang saat itu mengumpulkan berbagai pemegang peran. Seperti pimpinan BUMD dan kepala organisasi perangkat daerah. Mereka diminta membantu pendidikan dan kehidupan generasi RA Kartini tersebut. Ihwan juga berjanji akan melaporkan langsung kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Sebelum saya pulang ke Semarang, harus sudah ada nota kesepahaman khusus dari Pemerintah Kabupaten Jepara untuk membantu keluarga RA Kartini secara berkelanjutan,” ujar Ihwan yang akan mengakiri tugasnya di Jepara 11 Februari 2017.

Bagaimanapun juga, kata Ihwan Kartini adalah pahlawan besar yang telah membawa nama harum kota Jepara. Nama besarnya kini juga dipakai dalam penaman beberapa fasilitas milik pemerintah seperti Rumah Sakit Umum (RSU), dan stadion di Jepara. Tak hanya meminta memberikan beasiswa, Ihwan juga meminta diberikan fasilitas pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

”Harapan saya ada generasi RA Kartini yang tinggal dan menetap di Jepara,” ungkapnya.

Direktur RSUD Kartini Kusnarto mengatakan pihaknya siap membantu memfasilitasi biaya pendidikan keturunan RA Kartini. Ia juga menjanjikan salah satu keturunan Kartini, Trinilia yang saat ini berada di Fakultas Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyan Prof. Dr Hamka untuk bekerja di RSUD Kartini setelah lulus nanti.

”Setelah lulus nanti bisa bekerja di RSUD Kartini. Agar bisa jadi orang Jepara” tuturnya (Ardiansyah).