Home » Berita Umum » Perpanjang Usia Jalan dengan Saluran Bersih

Perpanjang Usia Jalan dengan Saluran Bersih

Jaga Kualitas Jalan dengan Saluran Bersih

 

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Ihwan Sudrajat meminta gerakan pembersihan saluran air di pinggir jalan bisa dilakukan di seluruh wilayah Jepara. Pembersihan diperlukan untuk memastikan tidak adanya genangan air di jalan agar usia jalan bisa dipertahankan lebih lama. Hal tersebut disampaikan Ihwan saat memulai gerakan bersih-bersih saluran air di Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Jumat pagi (10/2).  Sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah turut mendampingi Ihwan di lokasi kegiatan yang diikuti Muspika Tahunan dan warga setempat.

“Tingkat kerusakan jalan cukup tinggi. Terbukti banyak laporan yang masuk ke Portal Lapor Bupati meski sebagian keluhan yang masuk ternyata untuk ruas jalan yang berada di luar kewenangan pemerintah kabupaten,” kata Ihwan.

Ketua panitia yang juga anggota DPRD Kabupaten Jepara Agus Sutisna menyebut, bersih-bersih jalan sepintas memang hanya kegiatan ringan. Namun dampak besarnya adalah panjangnya usia jalan. Ini sangat penting karena anggaran infrastruktur jalan menguras banyak keuangan daerah, di tengah minimnya sumber pendapatan kabupaten /kota.

“Tahun ini Rp. 53 milyar, naik dari  Rp. 39 milyar tahun lalu,” tambahnya.

Dalam pencanangan tersebut, Ihwan Sudrajat bersama Agus Sutisna dan pimpinan organisasi perangkat daerah mengawali kegiatan dengan membersihkan saluran jalan kabupaten yang melintas Desa Kecapi. Sedangkan warga melakukan pembersihan di wilayah RT masing-masing. (Sulismanto)