Home » Berita Umum » Desa jadi Perancang Pembangunan

Desa jadi Perancang Pembangunan

Desa kini tidak hanya menjadi fokus pembangunan, tapi juga sebagai perancang pembangunan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya masing-masing. Hal tersebut disampaikan Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi, pada kegiatan sosialiasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) desa tahun 2017, di Pendapa Kabupaten Jepara, Kamis (02/03/2017), siang. Acara ini diikuti Kepala Organiasasi Perangkat Daerah, Camat, Petinggi, dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Jepara yang menerima BKK

Tahun ini, Pemkab Jepara mengalokasikan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk desa dalam jumlah besar, yakni sebesar Rp. 37,5 Milyar.  “Bersumber dari APBD Kabupaten Jepara Tahun 2017, bantuan tersebut dialokasikan untuk 110 desa di 16 kecamatan, yang akan dilaksanakan untuk pembangunan bersifat fisik dan pemberdayaan masyarakat di 237 titik lokasi,” katanya.

Ahmad Marzuqi menjelaskan, karena bantuan ini bersifat khusus, maka tidak semua desa menerima bantuan keuangan ini. ”Alokasi angggaran juga tidak sama, karena sesuai dengan proposal dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada masing-masing desa,” jelasnya.

Selain bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten, telah dialokasikan pula Bantuan Khusus (Bansus) dari Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 7,33 milyar untuk 26 desa di 10 kecamatan di Kabupaten Jepara, yang dibagi dalam 38 titik kegiatan.  (DKI/AchPr)