Home » Berita Umum » Pejabat Diminta jadi Teladan Pajak

Pejabat Diminta jadi Teladan Pajak

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara mengajak seluruh pejabat di Jepara menjadi panutan dalam penyampaian laporan SPT Tahunannya.

Hal tersebut disampaikan Kepala KPP Pratama Jepara, Endaryono saat menggelar Pekan Panutan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan dan Amnesti Pajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Pelayanan Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), gedung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bersama Jepara, Selasa pagi (07/03).

“Dalam rangka untuk menjadikan satu role model (panutan) buat masyarakat, pajak adalah sebuah keniscayaan buat kita semua, mau tidak mau, suka tidak suka kita semua yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif wajib mengumpulkan perpajakan,” ungkap Endaryono.

Untuk memudahkan wajib pajak, kini diberikan fasilitas dalam menyampaikan SPT tahunan melalui e-filing. Fasilitas e-filing ini adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak. “Kami Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sudah mempunyai satu program dengan nama efilling. Tahun lalu kita sudah lakukan itu, mudah-mudahan bapak ibu sudah mulai menyampaikan SPT tahunan secara online,” tambahnya.

Bupati Jepara yang diwakilkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Ir. Sholih, MM, saat membuka acara menyampaikan bahwa pajak yang menjadi sumber utama APBN yang memiliki peran penting dalam meningkatkan pelayanan publik. Menurutnya, Partisipasi dari kalangan pejabat dan ASN  pada masing-masing OPD di Kabupaten Jepara dalam menyukseskan pekan pembayaran pajak, akan sangat berarti dalam menarik partisipasi masyarakat.

“Acara ini bentuknya disamping untuk masyarakat, tapi juga kita sebagai contoh untuk menyukseskan upaya peningkatan penerimaan negara, khususnya dari sektor pajak,” harapnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Jepara akan senantiasa mendukung kebijakan terkait upaya peningkatan dan penerimaan sektor pajak antara lain melalui sosialisasi pekan panutan. (DKI/AchPr)