Home » Berita Umum » 70 GROUP IKUT MERIAHKAN KARNIVAL THONGTEK RAMADHAN MUBARAK KE-XVIII KABUPATEN JEPARA

70 GROUP IKUT MERIAHKAN KARNIVAL THONGTEK RAMADHAN MUBARAK KE-XVIII KABUPATEN JEPARA

JEPARA – Rutinitas Karnival Thongtek yang menghiasi dan menjadi ciri khas pelaksanaan kegiatan Ramadhan Mubarak berjalan sangat meriah. Terbukti setiap tahunnya penonton sangat berjubel memadati sepenjang rute dari Alun-alun Jepara, Jalan Kartini, Jalan Pemuda, Jalan Raden Sahid, Jalan Imam Bonjol, Jalan Brigjen Katamso dan berakhir di halaman Masjid Agung Baitul Makmur.

Kemeriahan juga terlihat dari animo, kreatifitas dan penampilan peserta yang terus meningkat. Seperti biasanya, pada pelaksanaan ke-XVIII (delapan belas) tahun 1438 H / 2017 M kembali dibuka dan disaksikan langsung Bupati Jepara bersama Wakil Bupati Jepara serta segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Dilanjutkan pemberangkatan peserta yang ditandai dengan pengibaran bendera start pukul 20.52, Sabtu (18/06/2017). Pelaksanaan kegiatan kali ini diikuti 70 group terdiri dari 10 sampai 15 orang dalam satu group, peserta mulai anak-anak peserta didik, kelompok pemuda dan remaja masjid hingga masyarakat umum.

Satu persatu kelompok ini menujukkan kebolehan bermain musik thonghtek di hadapan panggung kehormatan. Seragam dan seperangkat peralatan unik turut mengiasi setiap kelompok peserta disamping kenthongan yang wajib dibawa. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah kata “Sahur, Sahur, Sahur…” apapun lagu dan lirik yang dibawakan. Karena “Thongtek” pada dasarnya merupakan alat yang digunakan untuk membangunkan orang sahur di bulan puasa.

Bupati Jepara, KH. Ahmad Marzuqi, SE sangat apresiasai kegiatan karnival thongtek yang rutin digelar setiap tahunnya. Acara ini tidaklah sia-sia dan banyak sekali manfaatnya. Diantarnaya adalah  sebagai ajang kreatifitas serta membentuk kebersamaan,  persatuan dan kesatuan. “Harapannya Ramadhan Mubarok dapat mengisi bulan puasa ini dengan kegiatan yang bernilai ibadah. Sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas keimanan, penghayatan dan pengamalan syariat Islam serta terjalin ukhuwah Islamiyah,” ujar Bupati.

Karnival thongtek yang berlangsung selama beberapa jam ini berlangsung aman dan lancar. Meskipun arus lalu lintas kendaraan sempat terganggu sejenak, namun petugas yang disiagakan untuk mengamankan jalannya karnival thongtek dan arus lalu lintas, terdiri dari personel Kepolisian, Dishub, TNI, Satpol PP, Banser dan petugas lain bisa mengatasinya.

Usai seluruh group thongtek menampilkan kebolehan mereka, akhirnya dewan juri memutuskan group thongtek Larva Percussion memperoleh nilai tertinggi. Untuk juara kedua diraih oleh group thongtek Roudlotul Jannah. Sedangkan juara ketiga diraih group thongthek Paguyuban Randu Gedhe. Selanjutnya juara harapan satu diraih group thongtek RP Nurul Huda dan diikuti oleh group thongtek IRM 910 dengan sebagai juara harapan dua serta group thongtek Kaneman sebagai juara harapan tiga.

Untuk pemenang group thongtek kategori anak-anak, juara pertama diraih oleh group thongtek Kali Petuk. Sementara juara kedua diraih group thongtek Junior Percussion dan juara ketiga diraih group thongtek Putra Tunggal. Sedangkan juara dengan kategori properti terbaik dimenangkan oleh group thongtek Ujung Batu Percussion. Pemenang nantinya berhak mendapatkan hadiah berupa piala Bupati Jepara, piagam, dan uang pembinaaan. [DiskominfoJepara|AchPr]