Home » Berita Umum » Semarak Pesta Lomban Jepara 2017, Ratusan Kapal Nelayan ikut meriahkan Acara Larungan

Semarak Pesta Lomban Jepara 2017, Ratusan Kapal Nelayan ikut meriahkan Acara Larungan

DISKOMINFO – Tradisi Pesta Lomban sampai saat ini masih tetap dinanti dan diminati warga masyarakat. Bukan saja warga kabupaten Jepara tapi juga sebagai magnet kunjungan warga luar daerah dan mancanegara rela berbondong-bondong menyaksikan acara puncak pekan Syawalan pagi itu, Minggu (02/07/2017). Hal ini menunjukkan bahwa event ini merupakan saat yang dinanti-nantikan.

Pesta lomban dan syawalan yang oleh masyarakat Jepara sering disebut ”Bodo Kupat” ditandai dengan ritual pelarungan Kepala kerbau di tengah laut. Pada pelaksanaan Lomban tahun 2017M/1438H  Bupati, Wakil Bupati, Sekda serta segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berada dalam satu kapal untuk melarung kepala Kerbau di tengah laut, sebelah utara Pulau Panjang. Ratusan Kapal-kapal nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kabupaten Jepara dan kapal nelayan-nelayan perairan Jepara turut antusias mengiringi dalam menyemarakakan larungan pagi itu.

Sebagai ungkapan rasa syukur, dengan sorak gembira usai acara pelarungan di tengah laut, seluruh masyarakat, nelayan, maupun profesi lain serta wisatawan diajak ke daratan dan mendarat di dermaga Pantai Kartini Jepara. Di dermaga inilah peserta pesta lomba sudah dihadang dengan berbagai hiburan lain yang telah disiapkan.

Sebagai acara penutup pesta lomban adalah pemotongan sebuah gunungan kupat lepet oleh Bupati dan Wakil Bupati didampingi segenap Forkopimda serta pimpinan Organiasai Perangkat Daerah (OPD). Usai pemotongan, ribuan warga yang telah memadati lapangan Pantai Kartini langsung berdesakkan untuk mendapatkan kupat lepet tersebut. Acara pemotongan tumpeng sendiri diawali dengan ritual sendratari dan teatrikal puisi nan apik oleh seniman muda Jepara binaan Dewan Kesenian Daerah (DKD) kabupaten Jepara. Sehingga acara yang juga dijejali penonton ini terkesan seperti adegan sebuah cerita yang saling mengait satu sama lain dan sangat menghibur sekali.

Khusus penyelenggaraan event tahunan Pesta Lomban, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menilai penyelenggaraan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Pihaknya berharap tradisi turun temurun yang telah berjalan lebih dari satu abad lebih ini menjadi aset pariwisata dan magnet tersendiri bagi masyarakat, baik di dalam kota Jepara, luar daerah, serta mancanegara. [AchPr]