Home » Berita Umum » SEKDA KABUPATEN JEPARA BUKA LOMBA GERAK JALAN SERANGKAIAN HUT RI

SEKDA KABUPATEN JEPARA BUKA LOMBA GERAK JALAN SERANGKAIAN HUT RI

JEPARA – Menjelang puncak HUT Kemerdekaan RI ke-72, beberapa rangkaian kegiatan dan lomba mulai dilangsungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Diantaranya lomba gerak jalan tingkat pelajar Sekolah Dasar (SD) sedrajat yang dilangsungkan, Rabu (9/8/2017) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas (SMP-SMA) sedrajat, Kamis (10/8/2017). Pada acara tersebut, Bupati Ahmad Marzuqi yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sholih tampak membuka secara langsung lomba yang dimulai dari depan Kantor Bupati.

Sholih dalam sambutannya berpesan, nilai kepahlawanan yang diwariskan para pejuang bisa dijadikan spirit untuk mengisi kemerdekaan ini. “Sebagai generasi muda  penerus bangsa, kita wajib mengisi kemerdekaan ini dengan harl-hal yang positif,” kata Sekda sebelum mengibarkan bendera start.

Selain memberikan semangat dan sejumlah pesan terkait nasionalisme, sportivitas dan persatuan kesatuan bangsa. Dalam kesempatan itu, Sekda Sholih juga tidak lupa menyampaikan apresiasinya atas semangat tinggi yang ditunjukkan para peserta. Apalagi dalam lomba gerak jalan ini, ada puluhan regu peserta yang ikut ambil bagian.

Dirinya memandang lomba ini mengandung maksud, agar siswa dan siswi sebagai pelajar mengenang jasa-jasa pejuang kemerdekaan, pemersatu, meningkatkan kekompakan, cinta tanah air dan siap mengisi kemerdekaan dengan belajar yang tekun. Mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat positif dan tidak terlibat hal-hal yang bersifat negatif. “Antara lain malas belajar, tawuran, merokok, minum-minuman alkohol, dan narkoba. Sehingga, tidak menyesal dikemudian hari,” pungkasnya.

            Panitia HUT RI Ke-72 Tahun 2017, melalui koordinator lomba gerak jalan Haryanto, mengatakan, lomba gerak jalan ini dibagi menjadi dua tahap. Yakni tahap pertama diikuti oleh tingkat SD negeri dan swasata, lalu tahap kedua yang diikuti peserta tingkat SMP dan SMA sederajat. “Tingkat SD sederajat ada 64 regu terdiri dari putri 34 dan putra 30, untuk tingkat SMP 36 regu, serta SMA ada 24 regu,” terang Haryanto.

Ditambahkan Haryanto, peserta dari tingkat SD sederajat menempuh jarak 5 kilometer dan pada tingkat SMP dan SMA sederajat harus menempuh jarak 8 kilometer. Peserta yang mengikuti gerak jalan akan dinilai oleh tim juri dari Disdikpora dengan beberapa kriteria khusus. Penilaian utama adalah waktu tempuh regu, kerapian, keutuhan dan keseragaman sampai ke garis finish. “Jadi bukan kerapian saja, waktu juga dinilai dan kekompakan. Peserta tidak boleh diganti, kalau diganti mereka dikurangi nilainya,” imbuhnya.

 

Usai menempuh jarak yang telah ditentukan, juri menetapkan pemenang gerak jalan tingkat SD sederajat, regu putra MI Mathalibul Huda Mlonggo sebagai juara 1, diikuti SD Negeri 2 Bucu dan SD Negeri 3 Welahan. Sedangkan regu putri SD, juara 1 diraih SD Negeri 2 Kancilan diikuti SD Negeri 6 Panggang dan SD Negeri 1 Klepu.

Selanjutnya, Pemenang Juara lomba akan mendapatkan tropy, piagam, dan uang pembinaan yang diserahkan bersamaan dengan pemenang lomba lainnya, pada acara resepsi HUT Kemerdekaan RI pada 18 Agustus, malam di Pendapa Kabupaten. (DiskominfoJepara|AchPr)