Home » Berita Umum » Karnaval 17 Agustus, WARGA JEPARA TUMPAH RUAH PADATI RUAS JALAN UTAMA KABUPATEN

Karnaval 17 Agustus, WARGA JEPARA TUMPAH RUAH PADATI RUAS JALAN UTAMA KABUPATEN

JEPARA – Masyarakat Jepara dari berbagai penjuru menyambut dan bertumpah-ruah di beberapa ruas jalan dari depan Pendapa Kabupaten kearah barat hingga Sanggar Pramuka untuk menyaksikan karnaval HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-72. Ironisnya walaupun kondisi cuaca panas dengan teriknya matahari, masyarakat tidak peduli dan tetap berdiri di sepanjang trotoar toko di sejumlah jalan yang dilalui rute karnaval yang dilaksanakan, Senin (14/08/2017) siang.

Meskipun demikian, Masyarakat dari berbagai usia, status, golongan, bahkan kewarganegaraan (WNA) tidak bergeming walaupun terik matahari, tidak mereka hiraukan dengan rela kepanasan. Hal tersebut lantaran tak mau ketinggalan menyaksikan secara langsung pawai karnaval dan parade drum band oleh putra-putri mereka dari berbagai sekolah PAUD/TK dan SD sederajat.

Pantauan dilapangan menunjukkan pawai karnaval berlangsung semarak, pasalnya ribuan peserta dari peserta didik PAUD dan TK sederajat ikut berpartisipasi dalam menyemarakkan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-72 Tahun 2017. Peserta karnaval berasal dari tingkat PAUD/TK sebanyak 62 sekolah dan tingkat SD sebanyak 42 sekolah, dengan rute mulai start  depan Pendapa Kabupaten sekaligus panggung kehormatan terus melalui jalan Diponegoro, jalan Veteran, perempatan jalan AR. Hakim sebagai finish tingkat PAUD/TK. Sedangkan tingkat SD finish pada Sanggar Pramuka.

Semaraknya kegiatan ini juga ditandai kehadiran Bupati Ahmad Marzuqi didampingi jajaran Forkopimda, Sekda, dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Jepara. Karnaval sendiri dilepas oleh Bupati dengan mengangkat bendera start tanda karnaval tingkat PAUD/TK telah dilepas. “Dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim peserta pawai karnaval HUT Kemerdekaan RI Ke-72 tingkat PAUD/TK dan SD tahun 2017, resmi dilepas,” ujar Bupati dengan menganggkat bendera start.

Karnaval hari pertama dengan peserta tingkat PAUD/TK dan SD sederajat berjalan semarak dan sangat meriah. Tidak hanya semarak dari sisi banyaknya peserta dan penonton. Tetapi juga banyaknya materi dan kreasi yang mengagumkan dari masing-masing peserta karnaval. Mulai dari gerak tari, musik dan joged tradisonal, pakaian nasional dan adat berbagai daerah, hingga pakaian hasil produksi daur ulang limbah juga ikut memeriahkan jalannya karnaval.

Sementara itu, Koordinator Panitia Pelaksana Karnaval HUT RI, Deni Hendarko saat ditanya maksud dan tujuan diselenggarakan kegaitan kali ini mengatakan. “Untuk mengingatkan kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah gugur yang membela negara dan bangsa khususnya pahlawan di Jepara. Menumbuh kembangkan kembali kreatifitas anak-anak untuk berkiprah didalam mengisi dari pada proklamasi kemerdekaan itu, dan memberikan semacam pelajaran warga masyarakat di Jepara khususnya bahwa nilai perjuangan para pahlawan tidak gugur tapi masih dikembangkan oleh adik-adik kita,” ujarnya.

Untuk membagi banyaknya peserta, maka panitia peringatan HUT RI ke-72 membagi pelaksanaan karnaval menjadi 2 kali pelaksanaan. Pelaksanaan pertama 14 Agustus 2017, dengan peserta dari anak-anak PAUD/TK dan SD sederajat. Selanjutnya diikuti karnaval tahap ke dua, yaitu untuk tingkat SMP,SMA dan Umum esok harinya. (DiskominfoJepara|AchPr)